09 March 2010

Semangat 857 %

"Kenapa 857 % ?"
"Gapapa, pengen aja angka 857."

Dulu mas Arko pernah nanya ke saya (waktu saya menduduki bulan-bulan terahkir di SMA), kira-kira begini percakapannya :

Mas Ar : "Gimana? Masih semangat ga ngejar kedokteran?"

Nisa : "Masih mas. Ya masih lah, Kalo ga semangat gimana bisa masuk sana.."

Mas Ar : "Udah berapa persen semangatnya?"

Nisa : "Mmm.. (Dengan ragu-ragu saya menjawab) 75 % laa mas. (oia, kenapa saya ragu? karena masuk kedokteran emang bukan mau saya sebenarnya.)"

Mas Ar : "Lah ko gitu jawabnya? yang pasti dong! jawab aja semangat 754 %!"

Nisa : "HAH? ko banyak banget mas? kenapa harus 754 % ?"

Mas Ar : "Suka-suka mas mau bilang berapa, hehe. Ya suka-suka kamu lah maunya berapa. Itu hanya sebagai simbol dari keadaan kita sekarang. Terus tulis tu kata-katanya di depan buku KODING (buku SPMB+UAN GO) Semangat masuk kedokteran 754 %. Jadi setiap kamu buka dan ngerjain soal-soal itu, kamu langsung melek! Secara ga langsung kita nyuruh alam bawah sadar kita untuk terus semangat dan bahkan semangatnya sebesar persentase yang kita tulis. Terus kata kedokteran nya bikin kamu ngebayangin kan gimana kamu nanti kalo masuk kedokteran, bisa tambah semangat juga tuh.."

Nisa : "Waa, hohoo.. Oke mas! Makasii..Laksanakan!"

Dan setelah itu saya langsung menuliskan Semangat ...% di buku koding, bahkan buku fisika, dan matematika saya! (kenapa cuma di 3 buku itu? karena itu yang bermasalah, haha).

Kembali ke saat ini.
Sekarang saya ingin menuliskan lagi kata-kata itu di kamar saya..

SEMANGAT 857 %

Saya lagi semangat banget sekarang! Semangat merencanakan kehidupan saya ke depan. In fact, sampai akhir semester 3 kemarin emang saya ga pernah (sampe saya bold) mikirin masa depan yang nanti akan saya hadapi. Parah banget kan? Padahal umur lo udah mau 19 tahun mel. Untung aja sakit otak ini ga berdiam sangat lama di sistem perotakan saya. Alhamdulillah..

Jadi, kenapa sekarang saya bisa (still in trying) berotak normal seperti anak 19 tahun yang seharusnya? Karena Jumat kemarin, 5 Febuari 2010, saya dapet training, MLM, yang pernah saya ikutin dulu waktu SMA. Well, saya ga mau nyebutin MLM nya sekarang karena saya pun bukan member dari perusahaan itu lagi (mungkin nanti? entah). Namanya juga MLM, pasti ngasih training tentang gimana cara dapet duit yang ga ribet, ga rugi waktu, dan ++ pula dapetnya. Ujung2nya bilang "kalian kan masih muda. Susun semua untuk hari yang akan datang. Coba, berapa banyak sarjana pengangguran? Bandingin perusahaan di Indonesia sama jumlah sarjananya. Ekstrim banget kan? Terus kalian sekarang mau nabung gimana? sementara kalian udah hampir 20 tahun tapi duit masih minta mama." dan bla bla bla.. HAH! Jadi ngeremehin sarjana? Jadi maksudnya kita ga usah kuliah aja sekalian terus ngikutin MLM itu? ckck.. ga laah. saya ga mikir sepicik itu. Pikirkan lebih bijak lagii. Dan tiba-tiba..Damn, kaya ditampar panci item gw!

Cerita lebih lengkapnya, begini..

Jumat siang, awal minggu kuliah, dengan kondisi hujan deras Saya, Indah dan Pura duduk di pelataran lorong kampus sambil bercicit-cuit ngomongin kaderisasi wakil ketua BEM 2010 yang akan dicalonkan untuk PEMIRA nanti. Lalu teman kami ada yang memberikan sebuah flyer yang bertuliskan ada training class MLM tersebut. Hah, saya langsung underestimate banget sama nama MLM itu. Sebenernya sama MLMnya sih bukan Brand MLM nya. "Ahh, paling kaya gitu-gitu lagi. Males deh.. MLM semua sama!". Yaa, begitulah gumaman saya dalam hati. Tapi tiba-tiba teman saya itu langsung ngajak saya ikut acara tersebut. Aduuh, males deh ah.. Saya langsung bilang aja "Kalian aja deh berdua, gw dibawah. Mau ngobrolin yang tadi juga.(kebetulan disitu ada temen cowo saya juga, sebut saja xy)". Oke.. Mereka langsung ke atas. Saya dan xy ngobrol panjang lebar, terus tiba-tiba dia bilang "Mel, gw sholat dulu ya.." "Hah, sholat apa lo?" "Ya sholat Jumat, eh. lupa ni anak hari ini hari jumat." Yaah.. Dengan tampang memelas saya bilang "Yaudah deh". Jadi sekarang saya sama siapa hayoo?? tebak sama siapa? (Lhoo, haha, ga penting, bukan itu intinya). Ya saya sendirian. Langsung otak saya loading, "Berati harus keatas biar ga bete nungguin anak-anak pada ikut training class. Hah.. ke atas? Masa gw ikutan lagi? Bodolaah, yang penting gw ga sendirian. Bilang aja gw ga pernah ikut.". Langsung lah saya keatas dengan perasaan agak campur aduk gimanaa gitu. Pas masuk, saya langsung disambut dan disuruh duduk. 1 jam saya dengerin trainingnya. Sama-sama aja kaya dulu yang setiap jumat malam saya ikutin! ckck.

Lalu? (Ga berenti sampe disitu. Buat apa juga saya nulis panjang-panjang kalo cuma nulis masalah rutinitas orang kaya saya yang ga terkenal? kecuali gw Ratu Elizabeth! haha.).
Lalu.. Apa yang menarik? Yang menarik adalah, pada saat itu otak saya digiring untuk merenung, berfikir lebih dalam, atau dengan kata lain saya bermuhasabah tentang hidup yang saya jalani. Di kelas itu saya hanya diam, mata saya jauuh sekali memikirkan apa-apa saja yang sudah saya kerjakan kemarin. Mungkin teman-teman saya di situ aneh ngeliat saya karena saya jadi diem gitu (biasanya kan saya ngomong aja kalo di kelas, hihi). Kemudian, sesekali saya melihat wajah teman-teman di sekeliling saya. Apa pikiran mereka sama dengan apa yang saya pikirkan? atau jangan-jangan hanya saya saja yang baru melek karena dari kemarin saya mati suri sedangkan teman-teman saya yang lain sudah bangun dari mati mereka duluan? Who knows..

Saya mencerna dengan baik setiap kata yang dikeluarkan oleh sang trainer (walaupun tetap saja menjurus-jurus supaya kita tertarik sama MLM nya). Lalu terlintas pertanyaan-pertanyaan yang tidak pernah sedikitpun saya jamah kemarin-kemarin ini..
  1. Sudahkah saya menghasilkan sesuatu yang berarti untuk orang-orang terdekat saya?
  2. Nyangkutkah ilmu yang selama ini saya pelajari di farmasi? Apa jangan-jangan saya cuma ngejar nilai aja!
  3. Sudahkah saya membuat orang tua saya tersenyum penuh bangga dan terharu karena mempunyai anak seperti saya?
  4. Sudahkah saya membalas atau mungkin BERUSAHA membalas apa yang orang tua saya beri selama ini kepada saya, kasih sayang, materi, pengorbanan, semua?
  5. Pernahkah saya berfikir kalau uang berjuta-juta yang ayah saya keluarkan untuk keperluan kuliah dan hidup saya didapatkan dengan penuh tetesan keringat ? Bahkan harus bekerja sampai larut malam hanya untuk membahagiakan dan menyekolahkan anak-anaknya, agar mereka dapat diangkat derajatnya di dunia maupun di akhirat kelak. (Subhanallah, angkat derajat ayah saya ya Allah.)
  6. Lalu bekal kamu untuk masa depan apa? cuma bisa kuliah aja? Begitu banyak fasilitas dan kesempatan yang ada kenapa belum kamu maksimalkan?
  7. Kenapa sampai sekarang kamu belum berpegang teguh sama prinsip hidup yang ada?
  8. Lalu, sekali lagi.. apa yang akan kamu bawa untuk masa depan? Udah pernah mikirin? Udah ikhtiar tiap hari? atau kerjanya cuma pengen ini, pengen itu, ngeluh ini, ngeluh itu, mikirin perasaan, mikirin orang lain? Ya allah..
  9. Sholatnya udah 5 waktu mel?
  10. Sering puasa Senin-Kamis ga? jarang prihatin ya?
  11. Udah dirubah belom kebiasaan leletnya yang amit-amit bikin enek?
  12. Pliss deh mel, bisa ga jangan ikut arus tapi kamu yang buat arus?
  13. Udah jadi cewe? (lho, emang sekarang ap?) Udah body maintenence sebagai implikasi rasa syukur?
  14. dll..
Masih banyak lagi bahan-bahan renungan setelah saya mendengar training class itu. Saya jadi malu, udah negative thingking sama acara ini. Padahal ujung-ujungnya saya ngambil keuntungan disitu. Astaghfirullah.. maaf ya Allah.

Balik ke saat sekarang
Jadi, secara ajaib saya telah dapat merubah kejelekan-kejelekan saya itu. Step by step pastinya. Haa, seneng.

Sekarang, tujuan saya pasti ke kampus itu mau ngapain (ngapain hayo?), BELAJAR! Supaya apa? Supaya saya bisa mengerti lalu faham tentang segala sesuatu tentang farmasi. Saya ga bisa bayangin aja kalo saya udah lulus nanti pertanggung jawaban kuliah dan semua ilmu saya itu gimana kalo saya sampe sekarang ga bener-bener fokus. Apalagi jurusan saya aduhai ma'jan banget. Ayo mel, bisa, bisa, bisa!

Usaha, doa, pasrah!

Dan sekarang, saya lagi on fire banget cari tambahan pemasukan. Ada masukan? Kan bete banget kalo kepengennya banyak (ini wajar di usia saya, hihi) tapi ga ada pemasukan. Minta mama? saya agak malu (aduh masih agak? berarti kadang ga? :P)


Jadi untuk menunjang keteraturan hidup saya, saya memutuskan untuk membuat to-do list dan progress on the day setiap hari. Mm, mungkin saya juga harus bikin daftar sholat 5 waktu dan puasa senin-kamis biar kalo liat betapa masih banyak bolongnya bisa jadi acuan introspeksi diri. Salah banyaknya sebagai berikut :
  1. Bawa jam kemana-mana. (Kenapa semua jam yang saya pake rusak, dari yang mahal sampe yang murah, aduuh)
  2. Olahraga tiap hari.
  3. Ga boleh males sarapan pagi.
  4. Tidur jangan lewat jam 11 malem. (tapi sekarang udah jam 11.12 pm)
  5. Set volume alarm sampe maks. tiap pagi.
  6. Baca slide mata kuliahh!
  7. Ga langsung ol abis pulang kuliah
  8. Ol 2 jam/hari.
  9. Body maintenence
  10. dll
Akhirnya.. Semoga semua yang ditulis tadi bisa saya jalani ya. Minta doanya agar bisa terus lebih baik ,lebih baik ,dan lebih baik lagi. Dan semoga para pembaca jadi ikut semangat juga kaya saya (cie, gaya!).
Sekian dulu..


What makes the engine go? Desire, desire, desire!
Stanley Kunitz, O Magazine, September 2003

7 comments:

readhermind-dy said...

emg skrg kuliah dmn?

kiki said...

aku suka tulisanmu, mel. terimakasih sudah menuliskannya :) good blogposting.

agoez said...

Harus Bisa lebih Semangat

Irwan Siska said...

Hei..Ni Kunjungan PertamX ku,
Di Tunggu Kunjungan nya y!! n be Follower!
ku dah FOllow..

Emang Gak Over Dosis Kalo 857% kak..

Irma Senja said...

aku datang sahabat ^^

selamat pagi,senang bisa menemukan blog ini,banyak tulisan yg inspiratif disini ^^

aku follow yaaa.....spy bisa balik lagi ke sini ^^

nuranuraniku.blogspot.com said...

salam sobat
dengan semangat,,kita akan meraih sukses.
sip mba postingannya.

BOOKSCREW said...

Halo, hobi baca buku?
Jangan lupa mampir ke BOOKSCREW ya.
Kami menjual banyak buku bekas dari banyak judul juga, dengan kualitas yang masih sangat baik :)
Harga miring sekali, diskon hingga 35% dari harga terbarunya. Bila berminat silahkan kunjungi site kami. Terima kasih, buka terus buku untuk kembangkan ilmu :)